Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kinerja komputer kita,,

sedikit dari banyak hal tersebut akan saya sebutkan.

1. Update Anti Virus

Untuk mencegah virus berbahaya menginfeksi komputer Anda, rajinlah mengupdate program antivirus yang Anda gunakan secara berkala ke situs vendor antivirus tersebut.

2. Disk Defragmenter dan ScanDisk

Disk Defragmenter atau biasa disingkat dengan defrag berguna untuk mengatur sistem file dari hard disk Anda, sehingga sistem operasi Windows dapat lebih cepat membaca file yang ada pada hard disk. Untuk memulai program ini, klik “Start” – “Programs” -“Accessories” – “System Tools” – “Disk Defragmenter”.

Berbeda dengan defrag, scan disk berfungsi untuk memeriksa drive pada hard disk Anda terhadap errors, lost dusters, lost chains dan bad sectors. ikuti langkah berikut:

a. Buka “My Computer”, lalu pilih drive mana yang ingin Anda cek.

b. Pada menu “File”, klik “Properties”.

c. Pada tab “Tool”, di bawah `Error-checking”, klik “Check Now”.

d. Di bawah pilihan “Check disk options”, pilih “Scan for and attempt recovery of had sectors”.

Lakukan defrag dan scandisk minimal sebulan sekali.

3. Mengosongkan Recycle Bin

Mengosongkan Recycle Bin berguna untuk membersihkan file-file yang sudah tidak digunakan lagi. Perlu diketahui bahwa setiap kali Anda menghapus suatu file, maka file tersebut akan masuk ke dalam folder Recycle Bin terlebih dahulu, dan akan tetap berada pada folder tersebut sampai Anda mengosongkannya. Untuk mengosongkan Rerycle Bin, klik kanan pada ikon Recycle Bin yang ada di desktop Anda, kemudian klik “Empty Recycle Bin”.

4. Membersihkan debu pada Sirkulasi udara komputer

Selain untuk mempelancar sirkulasi udara, membersihkan debu akan membuat kumputer menjadi lebih enak dilihat. Minimal anda membersihkan lubang udara pada casingnya, tetapi jika anda dapat membersihkan bagian dalam nya itu lebih baik, jika belum mahir minta bantuan pada teman yang sudah ahli.

Cara-cara di atas dapat membuat komputer Anda bekerja dengan lebih baik. Selamat mencoba!

Iklan