Organisasi adalah sekelompok orang atau lebih yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Sedangkan struktur  organisasi adalah bagian dalam sebuah organisasi yang mempunyai ketua dan wakil ketua,ataupun perangkat lainnya.

Macam-macam struktur organisasi :

1. Organisasi Garis

2. Organisasi Garis dan Staff

3. Organisasi fungsional

Disini saya akan membahas tentang struktur organisasi Garis, pengertian dari stuktur organisasi garis adalah suatu bentuk organisasi yang didalamnya merupakan garis wewenang yang saling menghubungkan langsung sacara vertikal antara pimpinan dan bawahan. Pada organisasi ini garis bersama dari kekuasaan dan tanggung jawab yang bercabang pada setiap tingkat pimpinan mulai dari tingkat yang teratas sampai tingkat yang terbawah. Dalam organisasi ini seseorang atau bawahan hanya bertanggung jawab kepada satu orang atasan saja.


Stuktur Organisasi Garis

Keburukan pada Struktur Organisasi Garis :

  1. Tugas Pokok orang-orang sering dinomor duakan.Kurangnya seorang pimpinan perusahaan yang cakap dan berpengetahuan luas.
  2. Adanya kecenderungan seorang pimpinan untuk bertindak otoriter/diktator.
  3. Persaingan tidak sehat antara pejabat satu dengan pejabat yang lain.
  4. Dalam pengembangan suatu bawahan kurang mendapat perhatian, karena mereka tidak pernah di ikutsertakan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.

Sedangkan keuntungan dari organisasi ini :

  1. Kesatuan pimpinan dalam satu tangan
  2. Pengambilan keputusan cepat
  3. Garis pimpinan tegas
  4. Pengendalian secara ketat dapat dilaksanakan
Iklan