Hubungan antara manusia dengan komputer

Dalam film I robot

“I, Robot” menceritakan tentang dunia yang sudah begitu tergantung kepada robot NS 5 yang menjadi asisten rumah tangga. Kata “I” berarti Intelligent, Ideal, Incredible. Produk NS 5 memang dibekali oleh segala kecanggihan robot yang sudah bisa mendampingi manusia melewati segala tugas hari-hari. Para robot ini diikat olah hukum yang melindungi manusia dan membatasi ruang gerak para robot disisi hukum. Hukum-Hukum yang terdapat pada robot ini yaitu:

  • Satu, mereka tidak bisa melukai manusia atau, memungkinkan manusia untuk datang untuk menyakiti.
  • Dua, mereka harus melakukan apapun yang diperintahkan oleh manusia selama perintah seperti itu tidak bertentangan dengan hukum satu.
  • Tiga, mereka harus mempertahankan diri selama pertahanan seperti itu tidak bertentangan dengan undang-undang satu atau dua.

NS 5

Hubungan antara manusia dengan komputer dalam film ini erat sekali, pada mobil bahkan rumah pun semua berhubungan dengan computer pusat yang bernama V.I.K.I . Didalam film tersebut yang lebih menonjol yaitu robot NS 5 yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia ditahun 2035, dimana robot(komputer) yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, hanya tinggal diberikan perintah dengan suara maka sang robot akan langsung melakukan perintah yang diberikan kepadanya. Robot diprogram  dengan banyak kondisi, jika diberi inputan  “A” maka akan melakukan hal “A”, jika diberi inputan “B” maka akan melakukan hal “B” dan begitu selanjutnya. semakin kompleks kondisi yang dibuat/dimasukkan pada robot maka robot bisa dikatakan semakin cerdas.

Dampak baik pada kehidupan manusia pada film tersebut adalah semuanya serba terkendali, aman, dan damai. Tetapi manusia jadi terlalu mengandalkan robot tersebut sehingga menjadi terlena.

Iklan