Peran Sistem Informasi Dalam Pendidikan

Pada dunia pendidikan di Indonesia, komputer sudah diperkenalkan dan digunakan di sekolah-sekolah mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan untuk pendidikan di kota-kota besar, komputer sudah diperkenalkan sejak anak-anak masuk taman kanak-kanak atau play group untuk bermain dan belajar. Selain digunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran interaktif, juga bersifat audio-visual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri.

Dengan komputer kemudahan dalam mencari dan menyediakan bahan-bahan pembelajaran juga bisa didapatkan, misalnya dengan adanya konsep perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book). Ditambah lagi dengan adanya internet dimungkinkan untuk mencari koleksi perpustakaan berupa buku-buku, modul, jurnal, makalah, majalah, surat kabar, dan lain sebagainya. Bahkan saat ini sudah bisa dilakukan pembelajaran jarak jauh melalui internet yang dikenal dengan electronic learning (e-learning). Beberapa negara telah menerapkan sekolah yang pembelajarannya melalui internet atau semacam universitas terbuka. Mahasiswanya dapat belajar lewat buku-buku atau modul yang disajikan secara menarik baik dalam bentuk teks atau audio-visual (multimedia) yang disajikan lewat internet. Bahkan dengan internet dimungkinkan untuk setiap mahasiswanya berkomunikasi dengan e-mail bahkan berinteraksi langsung dengan menggunakan teleconference atau videoconference.

Kehadiran jaringan internet sangat bermanfaat bagi siswa SMP/SMA sederajat. Internet ini dapat membantu kita sebagai siswa. Bagi siswa, internet sangat berguna sebagai alat komunikasi dan informasi untuk mencari tugas-tugas yang diberikan guru. Internet dapat mempermudah mencari materi pelajaran. Selain itu juga, bagi siswa internet juga berguna sebagai sarana mencari teman ataupun hiburan.

Kehadiran internet juga bermanfaat bagi guru yang mau memanfaatkan sarana internet ini. Bagi guru, internet ini adalah sebagai alat komunikasi dan informasi yang berguna untuk menambah wawasan, pengembangan bahan pelajaran. Contohnya: internet juga berfungsi mengrealkan gambar yang terkadang sulit diterima oleh siswa. Dan sekaligus menjadi tambahan perpustakaan di sekolah.
Termasuk penting bahwa internet juga sangat bermanfaat dan bisa menjadi pelajaran yang dapat menunjang pendidikan, memperluas komunikasi dan informasi, dan sebagai wadah untuk berbagi ilmu pengetahuan.

Beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan antara lain :

  • Arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat.
  • Kmudahan mendapatkan resource yang lengkap.
  • Aktifitas pembelajaran pelajar meningkat.
  • Daya tampung meningkat.
  • Adanya standardisasi pembelajaran.
  • Meningkatkan learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas

Referensi :

http://tamacage.blogspot.com/2008/10/peran-internet-dalam-dunia-pendidikan.html

http://1ka01.wordpress.com/2010/09/22/sistem-informasi-di-bidang-pendidikan

Iklan